Membuat Template WordPress dengan Artisteer

Setelah mengenal artisteer, aku jadi keranjingan membuat template wordpress. Secara aku ini orang awam, tidak paham coding, eh bisa membuat wordpress yang oke punya hanya dalam hitungan menit. Aku akan berbagi di sini, tentang bagaimana membuat template wordpress dengan artisteer.

1. Buka program artisteer yang sudah terinstal di komputer (jika belum punya programnya, silakan download artisteer beta2).

2. Ada beberapa pilihan template yang akan kita buat. pilih saja wordpress. Tunggu program me-load desain template.

3. Kita dapat mengedit desain awal yang ada dengan menu-menu yang disediakan Artisteer. Mulai saja dengan menu Layout dimana ada submenu layout halaman dan kolom-kolomnya. Pilih yang sesuai.

4. Coba edit header dengan klik menu Header . Pada menu ini kita dapat mengatur ukuran header, background/banner, foto foreground, tulisan di header (judul blog dan deskripsinya) dan lain-lain. Sangat mengasyikkan bereksperimen di sini. Artisteer menyediakan banyak gambar (grafis dan foto) siap pakai. Kita juga dapat mengambil gambar dari koleksi kita sendiri.

5. Lainnya yang perlu diedit (menurutku) adalah latar belakang blog. Disini pilihannya kita dapat mengisi background body blog kita dengan warna solid, teksture, gradien, atau bisa juga gambar dari komputer kita.

6. Pada tab Menu, kita bisa mengatur tampilan menu (bentuk tombolnya, jarak antar menu, layoutnya, tulisannya (warna dan jenis font) dan sebagainya. Cobain saja semuanya sampai ketemu format yang paling sesuai dengan kita.

7. Kita juga dapat mengatur kotak pada menu sidebar blog di tab menu Blocks.

8. Pada menu Footer, kita dapat mengkustomisasi bagian bawah blog kita ini sesuai selera, termasuk memilih logo RSS feed.

9. Jika semuanya sudah sesuai keinginan kita, kembali ke tab menu Ideas. Kita akan mengekspor hasil pekerjaan kita menjadi template wordpress siap pakai. Klik tab Export Design dan pilih WordPress Theme. Tentukan dimana template kita akan disimpan.

10. Inilah jadinya hasil karya kita, template wordpress buatan orang awam kode-kode html/php, hanya dalam hitungan menit.

Lho..lho… kok hasilnya tidak seperti yang kita buat tadi ? Ada tulisan Trial di seluruh bodi blog ? Memang inilah satu-satunya kekuarangan Artisteer versi beta (trial), hasil yang kita dapat ada watermark Trial. tentu tidak bisa dipakai di blog kita, dong. Ya, mungkin jika kita serius ingin membuat template-template blog (wordpress, joomla, dll), kita harus berinvestasi membeli lisensi program Artisteer ini. Tapi, jika kita hanya sekedar membuat template untuk dipakai sendiri atau dibagikan dengan teman, aku akan tunjukkan bagaimana menghilangkan watermark pada hasil template kita. Tunggu saja, ya…

Tinggalkan komentar